Home Nasional Kepala Basarnas Buka Kemungkinan AirAsia QZ8501 di Dasar Laut

Kepala Basarnas Buka Kemungkinan AirAsia QZ8501 di Dasar Laut

312
0
SHARE

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), FHB.Soelistiyo, saat memaparkan operasi SAR di kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (28/12/2014). (c) Tribunnews
Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), FHB.Soelistiyo, saat memaparkan operasi SAR di kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (28/12/2014). (c) Tribunnews

Atjehcyber.com – Basarnas dan TNI-Polri kembali melanjutkan pencarian hilangnya AirAsia QZ8501 di beberapa titik. Kepala Basarnas Marsdya TNI F Henry Bambang Sulistyo pun menggelar konferensi pers di Posko Bandara Soekarno-Hatta Senin (29/12) pagi.

“Dugaan sementara pesawat ada di dasar laut,” kata Sulistyo dalam konferensi pers. Nah, jika pesawat berada di dasar laut, maka akan memunculkan permasalahan baru. Yakni, bagaimana mengangkat pesawat tersebut. Namun, kata Bambang, pihaknya akan mengerahkan kapal-kapal canggih untuk mengevakuasi.

Selain itu, di lapangan, petugas pencari pesawat mengalami beberapa kendala. Selain kendala cuaca, Emergency Locator Transmitter (ELT) pesawat AirAsia QZ8501 tidak hidup. “Maka untuk mendesain daerah pencarian sangat dinamis,” ujarnya.

Permasalahan yang lain adalah kendala alat. .Menurutnya, alat untuk mencari di bawah permukaan air laut milik Basarnas spesifikasi teknisnya masih kurang tinggi.

“TNI AL bisa menggunakan kapal penyapu ranjau, dia juga bisa mendeteksi,” ujarnya.

Nah ada satu alat lagi yang sangat dibutuhkan dalam pencarian.  “Bentuknya seperti  kapsul yang bisa menyelam hingga dasar laut. Tapi kami tidak punya,” lanjutnya.

Soelistyo menjelaskan, pihaknya saat ini tengah berusaha meminjam sejumlah alat ke negara lain. Tawaran peminjaman datang dari Perancis, Inggris dan Amerika.