Home Nasional Pemerintahan Jokowi Lemah, Jauh Beda dengan SBY

Pemerintahan Jokowi Lemah, Jauh Beda dengan SBY

320
12
SHARE

Jokowi saat melakukan groundbreaking pembangunan rusun Rawa Bebek, Jakarta, Rabu (10/9/2014).
Jokowi saat melakukan groundbreaking pembangunan rusun Rawa Bebek, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Atjehcyber.com – Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy membandingkan antara pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo. Menurutnya, pemerintahan Jokowi saat ini meski belum terbentuk namun terlihat lemah.

“Terlihat agresivitas yang dilakukan pak Jokowi-JK masih lemah, jauh beda dengan pak SBY tahun 2004,” ujar Romy kepada wartawan di kantor DPP.PPP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/9/2014).

Romy melihat, Jokowi – JK kini justru terlihat kerap memberikan ruang untuk para relawan dan kekuatan-kekuatan non-parlemen lain yang sama sekali tidak bisa membantu program-program pasangan terpilih di DPR.

“Mereka memberikan panggung pada relawan, yang sesungguhnya di kenegaraan tidak ada ruangnya, karena mereka tidak punya ruang di DPR, sehingga ini yang justru memperparah orientasi politik parlimentariannya,” ujarnya.

Romy menduga kubu Jokowi – JK yang selalu mengklaim mendapat legitimasi rakyat sudah merasa nyaman dan tidak memerlukan dukungan dari partai baru untuk membuat kubu Jokowi – JK menjadi mayoritas di parlemen.

Meski begitu Romy mengaku sempat disambangi salah satu petinggi partai pendukung Jokowi – JK sebelum pemecatan Suryadharma Ali dan diajak untuk mengalihkan dukungan dari Koalisi Merah Putih (KMP). Sang petinggi partai pun menawarkan kursi di kabinet.

“Saya tanya, jatah untuk partai kami berapa ? Belum jelas juga katanya, lho kok mau menawari kita, partai kamu saja belum jelas,” kata Romy.

Kejadian tersebut menurutnya menunjukan bahwa kubu Jokowi – JK belum tersusun pengorganisasian yang baik. Sampai saat ini menurutnya segala sesuatunya sengaja dibuat menggantung. Hal itu termasuk usaha kubu Jokowi – JK untuk menarik partai-partai yang selama ini bernaung di koalisi merah putih.(Tribunnews)