Home Nasional Puan Maharani Calon Kuat Ketua DPR

Puan Maharani Calon Kuat Ketua DPR

532
12
SHARE

Puan Maharani
Puan Maharani

Atjehcyber.com – Politisi PDI Perjuangan Honing Sanny mengakui Ketua Fraksi Puan Maharani sebagai calon kuat Ketua DPR. Nama Puan kemungkinan besar akan diajukan dalam paket pimpinan DPR.

“Sejauh ini yang paling memungkinkan Mba Puan ya yang beredar kuat,” kata Honning kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Puan dinilai berpengalaman memimpin fraksi selama lima tahun. Selain itu, putri Megawati Soekarnoputri itu memiliki kompetensi sebagai Ketua DPR. “Pergaulannya juga luas,” imbuhnya.

Honning belum mengetahui bagaimana sikap DPP PDI Perjuangan terkait calon Ketua DPR. Apakah DPP tetap memajukan Puan atau lainnya.

“Nanti DPP memutuskan siapa soal lain. Tapi sepengetahuan saya, yang punya kompetensi di posisi itu salah satunya Mba Puan,” ungkapnya.

Dalam Rapat Pansus Tata Tertib DPR akhirnya memutuskan aturan mengenai pemilihan pimpinan DPR periode 2014-2019 melalui sistem paket.

Dalam satu paket akan ada lima nama calon pimpinan DPR yang diusulkan lima fraksi. Dengan jumlah 10 fraksi pada periode 2014-2019 maka akan terdapat dua paket pimpinan DPR.

Masing-masing fraksi mengusulkan satu nama calon dan tiap paket berisi lima nama yang dicalonkan oleh masing-masing fraksi.

Sistem ini juga berlaku untuk pemilihan alat kelengkapan DPR. Berbeda dengan aturan sebelumnya, kali ini pimpinan alat kelengkapan DPR bertugas selama satu periode.

“Sehingga tidak ada lagi pimpinan alat kelengkapan yang diberhentikan karena berbeda sikap dengan fraksinya,” terang Ketua Pansus Tatib DPR Aziz Syamsuddin.(Tribunnews)