Home Nasional Soal Geng Motor Makasar, Marinir Siap Turun Tangan

Soal Geng Motor Makasar, Marinir Siap Turun Tangan

548
13
SHARE

Massa bakar dua unit sepeda motor milik geng motor di Jl Toddopuli, Makassar, Sabtu (13/4/2014) dini hari .
Massa bakar dua unit sepeda motor milik geng motor di Jl Toddopuli, Makassar, Sabtu (13/4/2014) dini hari .

Atjehcyber.com – Pangkalan Utama TNI AL(Lantamal) VI Makassar, menyatakan siap ikut membantu aparat kepolisian dan pemerintah kota mengatasi aksi anarkis dan teror geng motor di Makassar.

Melalui Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal VI Letkol Laut (KH) Darmawangsa, Lantamal menyatakan siap menurunkan pasukan elitenya, Marinir untuk mengurangi keresahan warga.

“Jika pemerintah kota meminta bantuan TNI lebih khususnya Marinir siap. Apalagi ini untuk kepentingan umum. Undang-Undang membenarkan,” ujar Darmawangsa, menjawab Tribun Timur (Tribunnews.com Network), Kamis (11/9/2014) sore.

Penegasan Darmawangsa itu sekaligus menanggapi keinginan Wali Kota Makassar Danny Pomanto yang mengaku sudah menyurati satuan Marinir untuk ikut membantu memberantas geng motor.

Namun, hingga petang kemarin, Lantamal mengkonfirmasikan belum menerima surat permintaan resmi tersebut dari Pemerintah Kota Makassar.

Dalam struktur organisasi TNI AL, Korps Marinir adalah sebuah korps utama (Kotama) sejajar dengan Kotama lain seperti Koarmatim, Koarmabar, Kolinlamil, Kodikal, Seskoal dan AAL.

Korps Marinir terdiri dari tiga brigade infrantri marinir. Dalam Korps Marinir juga memiliki satuan elite. Namanya Batalyon Intai Amfibi (Taifib) dan satuan anti-teror marinir TNI-AL dinamakan Detasemen Jala Mengkara (Denjaka).

Untuk menjadi anggota YonTaifib, calon diseleksi dari prajurit marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun.(Tribun Timur)