stat counter Tidak Ada Sertifikat IPA, Calon Pengantin Tidak Bisa Menikah | Aceh Online Magazine

Tidak Ada Sertifikat IPA, Calon Pengantin Tidak Bisa Menikah

Ilustrasi

Ilustrasi

Atjehcyber.com – Bagi Calon pengantin yang belum dapat sertifikat penyuluhan Ilmu Pengetahuan Agama (IPA). Tidak bisa mengikuti prosesi akad nikah. Hal ini, dikatakan Kepala Kemenag Bateng Ruslan kepadabangkapos.com, Rabu (27/08/2014)

Soal diwajibkannya, pasangan calon pengantin mengikuti penyuluhan IPA, ini ungkap Ruslan sebelumnya, sudah dibahas dan dirapatkan antara Pemkab Bateng dan Kemenag Bateng awal Agustus lalu.

Setelah dilakukan pembahasan dan pantauan di lapangan ternyata memang perlu diterapkan  IPA bagi para calon pengantin

” Selama seminggu ini, kita pantau proses akad nikah di salah satu KUA. Ternyata masih didapati calon pengantin yang belum bisa mengucap syahadat secara benar, tata cara bersuci (toharoh), tata cara solat dan membaca al-quran. Maka dari itu, tepatlah jika program IPA ini diberlakukan,” tegasnya

Untuk penyuluhan IPA sendiri akan disampaikan langsung P3N selama tiga hari, dengan total selama 9 jam. Atau seharinya bisa tiga jam.

“Setelah mengikuti penyuluhan IPA, baru dikeluarkan sertifikat Calon Pengantin. Sertifikat itu, sebagai  sebagai bukti, agar proses akad nikah di KUA dapat dilangsungkan. Sehingga secara mental dan pengetahuan, pasangan calon pengantin sudah benar-benar siap lahir batin” ungkap Ruslan. (Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri)