Home Pendidikan 9 Alumni UIN Aceh Dapat Beasiswa Pemerintah Cina

9 Alumni UIN Aceh Dapat Beasiswa Pemerintah Cina

539
9
SHARE

Logo-IAIN-Ar-Raniry-Banda-AcehAtjehcyber.com – Sembilan alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry yang mendapatkan beasiswa penuh dari Pemerintah Cina, Jumat (29/8) kemarin, berangkat ke Negeri Tirai Bambu itu. Mereka akan melanjutkan pendidikan Magister di beberapa iniversitas di Cina.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Dr Abdul Rani Usman MSi mengatakan, beasiswa ini merupakan realisasi kerja sama UIN Ar-Raniry dan Huazhong University of Science and Technologi (HUST), Wuhan University of Technology (WHUT) dan beberapa perguruan tinggilainnya di Cina.

“Ada tiga jenis beasiswa yang diberikan. Beasiswa dari kedutaan, beasiswa universitas dan beasiswa dari sebuah LSM di Cina,” terang Abdul Rani yang juga Direktur Badan Koordinasi Pusat Bahasa Mandarin (BKPBM) Aceh, kepada Serambi, kemarin.

Ia menyebutkan, ke sembilan alumni yang melanjutkan studi ke Cina yaitu, dua alumni Fakultas Adab, dua dari Tarbiyah, lima dari Dakwah, ditambah satu orang alumni SMA yang akan kuliah S1 Jurusan Perdagangan Internasional di Huazhong. “Jadi total yang berangkat 10 orang,” sebutnya.

Jurusan yang dipilih beragam, mulai dari Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Kesejahteraan Sosial, dan Ilmu Perpustakaan. Lebih lanjut, Abdul Rani mengatakan, tahun ini mahasiswa asal Aceh merupakan yang paling banyak mendapatkan beasiswa pemerintah Cina dibanding daerah lain di Indonesia.(u/serambi)