Home Sports Yang Bikin Sepakbola Indonesia Tak Maju-maju Menurut JK: Tak Ada yang Bisa...

Yang Bikin Sepakbola Indonesia Tak Maju-maju Menurut JK: Tak Ada yang Bisa Lari Sambil Berpikir

438
11
SHARE

bintang-bintang-bola-indonesia_20141219_033958

Atjehcyber.com – Semua orang bisa berlari, namun tidak semua orang bisa berlari sambil berpikir. Itu kata Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla atau yang akrab dipanggil JK. Kata dia pemain bola yang baik adalah orang yang bisa berlari sambil berpikir, dan Indonesia kekurangan orang seperti itu.

Dalam sambutannya di penutupan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrembangnas), di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (18/12/2014), JK menyebut para pemain dari klub terkenal liga Inggris seperti Menchester United (MU) maupun Arsenal juga melakukan hal yang sama.

“Pemain MU, Arsenal, semua oper bola. Sisanya berlari dan berpikir. Persoalannya anak kita tak pernah lari lagi,” kata JK.

Hal itu disebabkan karena di kota-kota besar sudah tidak lagi tersedia lapangan luas untuk bermain anak. Kata JK lapangan yang luas bisa dijadikan arena untuk bermain sepakbola, maupun kegiatan lain yang memungkinkan sang anak berlari sembari berpikir.

Kini anak-anak bermain di gang-gang kecil, karena lapangan sudah berubah menjadi bangunan. Selain di gang kecil anak-anak juga beralih ke pusat perbelanjaan, atau berjam-jam menghabiskan waktu memainkan video game.

Penyebab selama ini Tim Nasional Indonesia sering gagal di kancah internasional, mau pun jarangnya pemain Indonesia yang bersinar di luar negri, adalah kurangnya lapangan bermain untuk anak.

“Mau pelatih apapun didatangkan dari Brazil atau Belanda, tak akan bisa. Lari sambil berpikir, itu perlunya,” ujar JK.

Comments are closed.