Home Technology Aplikasi ‘Anda Bertanya, Google Menjawab’ Diluncurkan

Aplikasi ‘Anda Bertanya, Google Menjawab’ Diluncurkan

8020
18
SHARE

Ratusan juta informasi ada di dalam Google Knowledge Graph ini.

doodle-google

Atjehcyber.com – Aplikasi terbaru yang dimiliki Google, Google Search App, memang dirancang khusus untuk seluler dan memudahkan pengguna mengetahui berbagai informasi secara instan. Pengguna dapat langsung bertanya setelah menekan ikon mikrofon di kotak penelusuran atau mengucapkan ‘OK Google’.

Pertanyaan bisa dilontarkan dengan menggunakan 40 bahasa yang telah ada di sistem canggih yang dimiliki Google.

Sistem tersebut dinamakan Google Knowledge Graph yang berisi ratusan juta data mengenai tokoh, tempat, dan berbagai hal yang saling dihubungkan. Teknologi ini menggunakan rumus-rumus algoritma sehingga pengguna dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan dengan gaya informal dengan menggunakan bahasa sehari-hari.

Sebagai contoh, dengan menanyakan “Do I need an umbrella today?”, Google akan dengan sendirinya menampilkan informasi mengenai suhu dan kondisi cuaca di kota Anda berada pada hari ini. Begitu juga jika bertanya tentang jadwal sehari-hari mengenai lokasi dan jam meeting, atau tugas yang harus dikerjakan di fitur agenda smartphone atau tablet. Tanpa membuka fitur agenda, pengguna dapat langsung menanyakan pada Google apa agenda hari ini.

Dua informasi tadi didapatkan dengan cara lebih mudah karena Anda telah mengizinkan Google mengetahui lokasi  dan mengakses data yang terdapat di smartphone Anda.

“Hal itu membuat Google tidak berperan seperti robot pembantu, melainkan layaknya asisten pribadi Anda. Teknologi tersebut akan terus dikembangkan, tentu saja, termasuk dalam aspek jumlah bahasa yang digunakan,” jelas Amy Kunrojpanya, Head of Communications and Public Affairs Google Asia Pacific kepada VIVAnews saat ditemui di Peluncuran Google App di FX Mall, Jakarta, Selasa, 16 September 2014.

Walaupun begitu, hingga saat ini bahasa masih menjadi kesulitan paling besar dalam mengembangkan teknologi Google agar penggunanya di seluruh dunia selalu bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Menurut Amy, bahasa terus berkembang setiap waktu. Bahasa yang digunakan sekarang pasti tidak sama dengan bahasa yang digunakan dua tahun lalu. Selalu ada bahasa baru, seperti bahasa slang, atau bahasa sehari-hari yang biasa digunakan.

“Tapi kami akan terus mengembangkannya. Kami optimis karena memiliki banyak ahli linguistik yang mengerjakan hal ini. Mereka selalu melakukan penelitian dengan berbicara pada para profesor, guru hingga anak-anak untuk mengetahui perkembangan tiap bahasa yang digunakan,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan semuanya dilakukan Google untuk mencapai misinya, yakni membuat perbedaan bahasa tak lagi menjadi sebuah hambatan.

“Mungkin di masa yang akan datang Anda dapat berbicara dalam bahasa Anda dan Google langsung meneruskannya kepada saya dalam bahasa saya,” katanya.(viva)