stat counter Ini Klaim Tifatul atas Prestasi Kementerian Kominfo | Aceh Online Magazine

Ini Klaim Tifatul atas Prestasi Kementerian Kominfo

Atjehcyber.com | Selain menanggapi berbagai kritikan terhadap kinerja Kementerian Kominfo, Tifatul Sembiring dalam Kultwit-nya pada 1 Agustus 2014 lalu juga membeberkan sejumlah prestasi yang dicapai oleh Kemenkominfo.

Disarikan dari posting-an Twitter resminya (@tifsembiring), selama ia menjabat, menurut Tifatul, Penerimaan Nasional Bukan Pajak (PNBP) Kemenkominfo naik menjadi Rp 13,6 triliun per tahun. Sementara anggaran yang terpakai hanya Rp 3 triliun per tahun.

Di sisi lain, menurut Tifatul, hampir semua desa di Indonesia saat ini sudah masuk (terhubung) dengan telepon. Tifatul merinci lebih kurang 72.000 desa yang sudah terhubung dengan kabel telepon.

Untuk layanan internet, menurut Tifatul, semua kecamatan di Indonesia kini sudah terhubung melalui program Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK).

PLIK dan MPLIK adalah proyek Kementerian Kominfo untuk memberikan akses internet bagi warga di tingkat kecamatan dan kota yang selama ini sulit terhubung dengan internet.

Menurut dia, saat ini sudah ada 5.748 PLIK maupun 1.970 MPLIK di semua kota dan kabupaten, yang memberikan akses internet gratis.

Jaringan fiber optic Palapa Ring juga diklaim Tifatul sudah rampung 90 persen. Selain itu, wilayah jangkauan komunikasi seluler di Indonesia juga telah mencapai 95 persen. Sebanyak 31 stasiun TVRI baru juga telah dibangun selama Tifatul menjabat.

Selain itu, berbagai kegiatan yang dilakukan Kominfo juga turut melahirkan inovator-inovator baru, seperti Indonesia ICT Award (INAICTA), ICT Training Center, proyek e-learning, program beasiswa S-2 dan S-3 IT dan komunikasi, dan Indonesia Open Source Award.

Tifatul Sembring juga mengaku belum puas dengan segala pencapaiannya tersebut. Ia juga berterima kasih kepada mereka yang selama ini terus memberikan kritikan dan mengatakan tidak puas dengan kinerjanya.

Ttg yang tidak puas dg kinerja saya sebagai Menkominfo, saya ucapkan terimakasih atas segala masuklannya. Saya sendiri juga belum puas..,” demikian kicaunya.