stat counter NVIDIA Beberkan Prosesor 64-bit untuk Android yang Tiba Akhir Tahun Ini | Aceh Online Magazine

NVIDIA Beberkan Prosesor 64-bit untuk Android yang Tiba Akhir Tahun Ini

Atjehcyber.com | Pada ajang CES tahun ini, NVIDIA mengumumkan chipset Tegra K1 berbasis ARM untuk varian 64-bit. Pada ajang tersebut, NVIDIA juga menyebutkan bahwa chipset tersebut dijadwalkan akan dirilis pada akhir tahun ini. Untuk itu, NVIDIA membeberkan rincian lebih lanjut tentang chip Tegra K1 64-bit tersebut, Senin (11/08).

Pembuatan chipset yang diberi nama proyek Denver ini merupakan CPU custom pertama yang dirancang khusus, dan itu disebut-sebut sebagai prosesor ARM 64-bit pertama untuk Android.

Di dalam chipset Tegra K1 tersebut terdapat dua buah inti prosesor bernama Denver dengan kecepatan hingga 2,5 GHz serta 192 buah core arsitektur sesuai dengan arsitektur Kepler yang sudah ada sebelumnya.

Menurut NVIDIA, dua buah inti prosesor bernama Denver tersebut mampu memberikan peningkatan kinerja secara signifikan jika dibandingkan dengan prosesor lainnya yang memiliki empat atau delapan inti prosesor.

Pasalnya, di dalam chip tersebut terdapat mikroarsitektur 7-way superscalar, 4-way L1 instruction cache sebesar 128KB, 4-way L1 data cache sebesar 64KB, dan 16-way L2 cache sebesar 2MB .

NVIDIA juga menegaskan bahwa itu chip 64-bit tersebut akan mendukung sistem operasi Android L. Jika sesuai harapan, chip tersebut akan membawa kinerja desktop PC ke perangkat mobile namun dengan konsumsi daya yang lebih efisiensi.