Home Technology Ponsel RAM 4 GB bakal Bikin ‘Latah’

Ponsel RAM 4 GB bakal Bikin ‘Latah’

298
0
SHARE

Xiaomi Mi Note Pro
Xiaomi Mi Note Pro

Atjehcyber.com | Jakarta – Setelah Asus ZenFone 2 dan Xiaomi Mi Note Pro, berbagai vendor diyakini akan ‘latah’ untuk ikut meluncurkan ponsel dengan RAM 4G. Jadi ke depannya, siap-siap saja banjir ponsel 4 GB.

Menurut Gadget Enthusiast Lucky Sebastian, RAM 4 GB bakal jadi tren di tahun 2015. Pasalnya, pasar selalu menuntut lebih. Dimana ketika ada vendor yang sudah menarik perhatian dengan suatu tren atau inovasi, maka bakal diikuti secara berbondong-bondong oleh vendor lainnya.

“Memang ada beberapa vendor yang lebih mementingkan user experience, karena pasar akan menuntut angka (RAM) yang lebih besar,” ujarnya Sebagaimana Atjehcyber.com kutip dalam perbincangan dengan detikINET, Jumat (16/1/2015).

“Jadi pasar akan latah untuk memilih RAM yang lebih besar. Produk high end yang akan didorong ke arah itu,” Lucky melanjutkan.

Vendor besar yang santer dikabarkan tengah menyiapkan ponsel dengan RAM 4 GB adalah Samsung. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini diyakini memiliki chip memori sendiri. Dan ponsel RAM 4 GB perdana Samsung diprediksi bakal tampil dalam wujud Galaxy S6.

Terkait fungsi RAM di ponsel diibaratkan Lucky sebagai sarana atau tempat bagi aplikasi dijalankan (running). Jadi kalau RAM-nya besar maka semakin baik.

“Kalau RAM besar, ketika ada aplikasi yang dijalankan dan kemudian pengguna membuka aplikasi lain maka aplikasi yang lama itu akan standby. Ini disebut sebagai multitasking, dan proses ini sangat bergantung dengan RAM yang cukup,” jelasnya.

“Keuntungannya memiliki RAM besar — seperti RAM 4 GB — pengguna bakal merasakan aplikasi berjalan lebih smooth. Aplikasi yang dijalankan tak perlu disimpan di dalam ‘gudang’ karena tetap dibiarkan berjalan di belakang layar. Sehingga saat pindah aplikasi bisa dilakukan lebih cepat karena RAM-nya cukup,” ia

Sumber : DetikINET