stat counter Printer 3D Kembalikan Bagian Kepala yang Hilang | Aceh Online Magazine

Printer 3D Kembalikan Bagian Kepala yang Hilang

Berkat printer 3D, tengkorak kepala Hu bisa direstorasi. 

Hu 46 tahun, setelah terjatuh dari lantai tiga.

Hu 46 tahun, setelah terjatuh dari lantai tiga.

Atjehcyber.com – Hu, petani berumur 46 tahun, mengalami nasib yang mengenaskan sejak ia terjatuh dari lantai tiga rumahnya. Kepalanya hancur dan sebagian tengkoraknya harus dibuang dan tak dapat dikembalikan.

Namun berkat printer 3D, tengkorak kepala Hu bisa direstorasi. Tengkorak kepala ini, juga memiliki kekuatan yang lebih dibanding dengan teknologi yang sudah digunakan di dunia medis pada umumnya.

Seprang pertani dari Tiongkok bernama HU, 46 tahun sempat mengalami pengamalam yang sangat buruk. Ia terjatuh dari lantai tiga rumahnya yang membuat sebagian tengkorak kepalanya hancur dan terpaksa tidak bisa dipasang kembali dikepalanya.

Petani dari tiongkok ini akhirnya mendapatkan bagian besar tengkorak kepalanya yang sempat hilang dengan menggunakan bantuan printer 3D. HU, sendiri sudah lama kehilangan tengkorak kepalanya sejak ia terjatuh dari lantai tiga rumahnya di Xian, Provinsi Shaanxi.

Dokter merancang tengkorak Hu, dengan menggunakan titanium mesh dan printer 3D.

Dokter merancang tengkorak Hu, dengan menggunakan titanium mesh dan printer 3D.

Dokter sat ini dikabarkan tengah melakukan perencanaan untuk membangun kembali tengkoraknya yang hilang dengan bahan titanium mesh, yang dibuat dengan bantuan printer 3D.

Implan yang dibuat ini akan dimasukkan kedalam kepala HU, dibawah jaringan kulit Hu. Implan kemudian akan merekan pada tengkorak miliknya. Jika cara ini berhasil, maka implan ini akan mengembalikan bentuk asli kepala Hu sebelum dia terjatuh.
Ahli bedah dari negeri tiongkok tersebut minggu lalu berhasil menanamkan sebuah vertebra atau tulang belakang buatan yang dibuat dengan printer 3D. Tulang ini berhasil ditanam ke anak berumur 12 tahun yang mengalamai kanker tulang belakang dan berhasil membuatnya berjalan kembali.

Printer-3D

Doktor yang berkerja di Peking University Hospital di bejing, pertama – tama menghilangkan dulu tumor yang berada di ruas kedua leher anak 12 tahun tersebut. Dokter tersebut lalu mengganti tulang diantara tulang ketiga dan pertama tulang belakang tersebut dengan implan 3D dan membuatnya mampu untuk mengangkat kepalanya.

Operasi 5 jam ini adalah yang pertama didunia yang membuat anak bernama Minghao ini mampu berjalan lagi setelah menghabiskan waktunya untuk hanya terbaring ditempat tidur rumah sakit saja.

Pola Titanium Mesh yang akan ditanamkan di bawah kulit kepala Hu.

Pola Titanium Mesh yang akan ditanamkan di bawah kulit kepala Hu.

Ini adalah kasus pertama didunia yang menggunakan Vertebra dari hasil print 3D, untuk implan operasi tulang belakang, ungkap Dr Liu Zhongjun, kepada media CCTV di Tiongkok.

Dengan menggunakan teknologi yang sudah ada, maka kepala pasien perlu dibingkai dengan pin setelah operasi. kepala pasien juga tak boleh menyentuh tempat tidur ketika ia sedang istirahat. Tindakan ini setidaknya berlangsung setidaknya 3 bulan, ungkap Dr Lu.

Tulang belakang yang dibuat dengan printer 3D.

Tulang belakang yang dibuat dengan printer 3D.

Tapi dengan teknologi print 3D, dokter dapat mensimulasikan bentuk dari vertebra yang jauh lebih kuat dibandingkan teknologi yang sudah ada. Tahun alu juga dikabarkan bahwa dokter di inggris juga berhasil menggunakan printer 3D untuk menciptakan wajah pasien yang terluka parah akibat kecelakaan./viva