Home Technology Ribuan Facebooker Tergoda ‘Gadis Mabuk Setelah Pesta’

Ribuan Facebooker Tergoda ‘Gadis Mabuk Setelah Pesta’

566
0
SHARE

gadis

Atjehcyber.com | JakartaLink video bertajuk ‘gadis mabuk setelah pesta’ yang beredar di Facebook ini memang menggoda. Tak ayal, banyak Facebooker dinilai sudah terjebak olehnya.

Menurut praktisi keamanan internet dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, sumber malware yang berada di balik link ini diperkirakan dari Malaysia. Dan saat ini administrator Facebook sedang bekerja keras membasmi posting-postingan yang menyebar dengan masif di wall pengguna Facebook terutama dari Indonesia dan Malaysia.

“Banyak banget korbannya, ribuan, karena dia autotag dan bisa berkali-kali posting di satu akun Facebook,” kata Alfons Sebagaimana Atjehcyber.com kutip dari detikINET, Senin (8/12/2014).

Alfons menyebut, modus ekonomi menjadi latar belakang penyebaran jebakan ini. Sebab saat diklik pengguna juga bakal disodori aplikasi UC browser for Android. “Pengetesan yang kita lakukan di Android begitu,” lanjutnya.

Sementara kalau diklik dari PC maka akan menuju link di Dropbox. Lalu link di Dropbox tersebut dialihkan ke situs palsu YouTube.

Situs palsu ini akan meminta korban untuk menginstal sejenis codec jika ingin melihat video menggoda di awal jebakan. Padahal yang diinstal adalah malware dan bukan codec.

Link jebakan di YouTube dilaporkan sudah diblokir tetapi sepertinya bakal muncul lagi. “Soalnya ada duit yang bermain dan walaupun diblokir tinggal buat link baru. Sekarang saja link-nya seperti autotext generate.Jadi tiap kali posting di wall, link-nya berbeda-beda. Jadi yang memblokir bisa kerja bakti yang ada,” jelas Alfons.

Sekarang, aksi ini masih memiliki kelemahan dengan mengirim pesan yang sama sehingga gampang diblokir, walaupun link-nya berbeda-beda.

“Kalau nanti yang buat bisa bikin variasi pesan digabung dengan link yang unik, itu bakalan susah diblokir. Karena pesan dan link-nya unik. Tiap kali muncul harus diblok manual, kecuali dapat rumus generatornya, tapi Sepertinya susah mendapatkan generatornya karena biasanya disembunyikan di source code dan dienkripsi,” tutupnya.

Nah, bagi Anda yang belum menjadi korban jangan lantas khawatir ketika melihat postingan jebakan video ini di wall Facebook. Tipsnya cuma satu, jangan pernah diklik!

Sumber : DetikINET